Samsung Gear VR 2 Janjikan Dunia Virtual Yang Lebih Leluasa

Samsung Gear VR 2 Janjikan Dunia Virtual Yang Lebih Leluasa

131
0
SHARE

Teknousid.com – Pada bulan Mei 2016 lalu, Samsung mengajukan sebuah hak paten teknologi terbarunya. Dan baru-baru ini hak paten tersebut sudah diterbitkan, hak paten ini menunjukkan ke arah peningkatan fitur yang ada pada Samsung Gear VR. Dari dokumentasi yang diterbitkan tersebut juga mengungkapkan bahwa teknologi ini tidak hanya melacak posisi headset Gear VR saja melainkan juga melacak gerakan mata para pemakainya dan ekspresi wajah mereka.

Untuk saat ini Samsung Gear VR yang dirilis dipasaran memang masih belum bisa melacak posisi para pemakainya. Jadi dunia virtual yang disajikannya pun terbatas. Nah hal yang mengejutkan dilakukan Samsung seperti dilansir dari halaman Sammobile (2/12/2016), Samsung tengah berupaya mencari cara untuk mengatasi keterbasan Samsung Gear VR tersebut. Agar nantinya generasi terbaru dari headshet VR nya ini bisa hadir dengan sajian konten VR yang lebih leluasa dan pemakainya sangat puas menikmati konten ini karena tidak terbatas pemakaiannya.

Samsung Gear VR 2 Janjikan Dunia Virtual Yang Lebih Leluasa
Samsung Gear VR 2 Janjikan Dunia Virtual Yang Lebih Leluasa

Sebuah pengajuan paten yang diterbitkan di Korea Selatan yang berjudul Image Processing untuk perangkat kepala ini. Memberitahukan bahwa paten ini tidak secara langsung menggambarkan posisi pelacakan untuk Gear VR. Melainkan lebih kea rah penggunaan berbagai sensor untuk model wajah pengguna. Namun dalam paten ini terlihat sebuah fitur pelacakan yang bisa meningkatkan untuk semua jenis pengalaman VR pengguna.

Advertisement

Paten Samsung ini menandakan beberapa hal yang pertama Samsung ingin melakukan pelacakan posisi dan fitur wajah menggunakan kamera eksternal. Ia menggunakan lampu LED yang ada di Gear VR, posisi fisiknya juga terlihat sudah ditentukan. Kamera yang digunakannya juga bisa mengenali wajar secara terbuka oleh headset seperti mulut. Lalu yang kedua soal paten Samsung ini adalah tentang Samsung Gear VR sendiri.

paten-1 paten-2 paten-3

Dimana Samsung Gear VR ini akan memiliki sebuah sensor tambahan. Yang akan ditanam pada bagian dalam headset dan juga ada sebuah inframerah sensor yang bisa melacak gerakan mata serta ekspresi wajah penggunanya. Sayangnya paten ini masih belum bisa dipastikan apakah semua fitur yang ada dalam paten tersebut akan hadir di Samsung Gear VR 2 terbaru yang kabarnya akan dipersiapkan Samsung untuk rilis tahun depan.

Yah jika dinyakini memang kebenaran soal penampahan fitur Gear VR 2 bisa benar. Pasalnya Samsung sangat tertarik untuk bermain di pasar Virtual Reality yang masih minim pemain. Jadi peluang Samsung sangat terbuka apalagi mereka sudah memiliki nama di pasar smartphone kelas Dunia.

Advertisement

LEAVE A REPLY