ARM Perkenalkan GPU Mali G51 Dan Mali V61 Untuk Virtual Reality

Advertisement

Teknousid.com – Pada hari ini ARM secara resmi memperkenalkan 2 GPU terbarunya yang dibuat secara khusus untuk bisa menangani teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality. Kedua GPU ARM terbaru ini mereka namai Mali G51 dan Mali V61. Dimana untuk arsitektur yang digunakannya masih sama seperti chip grafis tercanggih dari ARM yakni Mali G71.

Bicara soal GPU ARM Mali G51 ia menggunakan arsitektur Bifrost yang digunakan oleh Mali G71. Hanya saja ia memiliki perbedaan dari segi penempatan kelasnya. Karena GPU ini dihadirkan untuk meneruskan GPU Mali T820 dan Mali T830. Lalu yang menjadi pertanyaan saat ini apa yang sebenarnya menarik dari GPU ini ? seperti Teknousid lansir dari halaman Anandtech, GPU Mali G51 membawa konsep dual pixel serta shader core yang mana kemampuannya bisa memproses 12 FLOPS kemampuannya ini terbilang menarik karena sejauh ini masih jarang dimiliki oleh GPU yang lainnya.

ARM Perkenalkan GPU Mali G51 Dan Mali V61 Untuk Virtual Reality

ARM Perkenalkan GPU Mali G51 Dan Mali V61 Untuk Virtual Reality

Untuk Mali G71 sendiri masih mengandalkan single pixel jadi mampu menghasilkan performa tinggi. Untuk Mali G51 memang dibuat seperti itu agar ia lebih fokus terhadap efisiensi per inti prosesor yang ada pada dirinya. Performa Mali G51 memang bisa dikatakan kurang cepat dari Mali G71 karena ia memiliki pangsa pasar yang berbeda. ARM sendiri mengatakan bahwa Mali G51 mempunyai efisien lebih baik dari Mali T830. Salah satu efisiensi tersebut adalah dibagian konsumsi dayanya. Untuk ukurannya, GPI ini memiliki 30 persen lebih kecil dan mempunyai dukungan visual dari Full HD sampai 4K.

Advertisement

Nantinya ARM Mali G51 akan digunakan oleh jajaran prosesor terbaru dari sejumlah vendor ternama salah satunya adalah Samsung. Yang mana Samsung akan menggunakan GPU tersebut pada Exynos 7870 yang akan digunakan oleh Samsung Galaxy A Series. Lalu untuk Mali V61 sendiri yang dikhususkan untuk pemrosesan sebuah video ini sudah mendukung 10 bit HEVC, 10 bit VP9 dan Decode. ARM secara sepenuhnya sudah memperbaharui video encode dan decode block yang ada pada GPU tersebut. Ia juga menawarkan sebuah fitur HEVC dan menawarkan kompresi HEVC yang lebih baik.

ARM Mali G51 dan Mali V61 direncanakan akan mulai tersedia untuk CPU Mobile pada awal tahun 2018. Ini artinya masih cukup lama kehadiran GPU ini ke pasaran.Jika nantinya ada perkembangan selanjutnya seputar GPU buatan ARM ini yang sudah mendukung teknologi VR dan AR maka kami akan secepatnya mengabari kabar tersebut untuk anda.

Advertisement