Champions Of The Shengha : Game ERG Pertama Di Dunia

Champions Of The Shengha : Game ERG Pertama Di Dunia

151
0
SHARE

Teknousid.com – Sebuah Startup teknologi yang berasal dari London yakni BfB Labs baru saja memperkenalkan game terbaru buatannya bernaa Champions Of The Shenha. Game ini merupakan game ERG pertama di Dunia. Game ERG sendiri merupakan singkatan dari Emotionally Responsive Games. Game yang dibuat untuk dijalankan di Komputer ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan pemain yang memiliki gangguan kesehatan mental.

Champions Of The Shenha memakai biofeedback yang berfungsi untuk mengawasi serta menilai kemampuan pemain agar tetap tenang meski sedang berada dibawah tekanan. Game yang dibuat oleh BfB Labs ini juga menggunakan sebuah pengawas detak jantung yang nantinya dipasangkan pada daun telinga pemain. Perangkat yang terhubung lewat Bluetooth ini akan mengirimkan sebuah data detak jantung pemain.

Champions Of The Shengha Game ERG Pertama Di Dunia
Champions Of The Shengha Game ERG Pertama Di Dunia

Seperti Teknousid lansir dari halaman The Guardian (01/11/2016) melaporkan bahwa game Champions Of The Shenha ini mengharuskan para pemain untuk melakukan berbagai jenis pernapasan lewat Diafragma. Pernapasan ini biasanya digunakan untuk teknik relaksasi. Semakin baik pemain dalam mengendalikan nafasnya. Maka semakin banyak pula batu permata yang didapatkan. Nantinya batu permata tersebut bisa digunakan untuk membeli senjata.

Advertisement

Perlu diketahui bahwa game buatan Startup asal London ini mendeteksi pernapasan pemain lewat HRV yang meningkat sebagai sebuah respond ari pernapasan diafragma dan penurunan tingkat stres pemain. Champions Of The Shengha sebenarnya sudah diperkenalkan lebih dari dua tahun yang lalu. Yang saat itu Shift mencari sebuah cara untuk menjaga ketenangan anak-anak yang mengalami gangguan mental. Berkat game ini, Shift yang merupakan sebuah proyek amal mendapatkan dana sebesar EURO 200 ribu dari Googles Impact Challenge.

Selanjutnya pendaan diteruskan oleh BfB Labs yang sudah mengambil alih pengembangan game tersebut. Saat ini game tersebut sudah diuji kepada 90 siswa di sekolah Billericay di Essex, Inggris pada awal tahun 2016. Dari hasil pengujian tersebut didapati sepertiga dari siswa yang memakai game ini mampu tetap tenang saat memainkan game ini. Dan sepertiganya lagi dilaporkan mulai memakai teknik tersebut setiap harinya. BfB Labs juga mengatakan bahwa mereka berencana akan menghadirkan game dengan segmen yang berbeda. Yang mana game ini akan berkaitan dengan detektif yang mengharuskan para pemain tetap tenang selama di investigasi dalam game yang sedang dipakainya.

LEAVE A REPLY