Ke Depan Drone Akan Bisa Terkoneksi Jaringan Mobile 4G

Ke Depan Drone Akan Bisa Terkoneksi Jaringan Mobile 4G

111
0
SHARE

Teknousid.com – Masa depan Drone tampaknya akan semakin cerah. Di tengah banyaknya perusahaan teknologi mengembangakan Drone buatannya. Qualcomm sebagai pabrikan Chip ternama di Dunia ini mengutarakan bahwa ke depan Drone akan bisa terbang dengan koneksi internet mobile yakni 4G. Untuk saat ini Drone memang masih mengandalkan konektivitas Wifi sehingga jangkauan terbang dan kemudahan dalam pengoperasiannya masih cukup sulit. Walau begitu kemampuan Drone dalam menangkap gambar serta video sudah bisa memukau banyak orang.

Dalam sebuah acara 4G/5G Summit 2016 yang digelar di Hong Kong, Raj Talluri yang merupakan Senior Vice President Product Management Qualcomm mengungkapkan bahwa sebenarnya perangkat Drone mempunyai kesamaan dengan smartphone. Hal ini sebagaimana dilaporkan oleh Detik Net (22/10/2016) yang dirangkum oleh Teknousid. Drone mempunyai circuit board, radio transmitter, GPS dan kamera. Sehingga hal inilah yang membuatnya memiliki kemiripan dengan smartphone.

Ke Depan Drone Akan Bisa Terkoneksi Jaringan Mobile 4G
ke-depan-drone-akan-bisa-terkoneksi-jaringan-mobile-4g

Pihak Qualcomm lewat Raj Talluri juga mengatakan bahwa pihaknya akan mencoba mengembangkan Drone semakin mirip dengan Smartphone. Hal yang mereka akan lakukan adalah mencoba menanamkan sebuah chip Snapdragon buatannya ke perangkat Drone. Dan hasilnya Drone bisa terkoneksi dengan jaringan 4G LTE. Saat sudah terhubung dengan jaringan 4G LTE, maka kemampuan Drone tersebut bisa dipastikan akan lebih meningkat. Dan Drone ini akan bisa digunakan lewat perangkat smartphone ataupun komputer.

Advertisement

Nantinya Drone yang bisa terkoneksi jaringan 4G bisa mempunyai jangkauan terbang yang luas alias tidak terbatas. Lalu titik terbang juga bisa ditentukan yang semakin membuat pengguna Drone bisa lebih mudah mengoperasikan Drone tersebut. Raj Talluri juga mengungkapkan bahwa jika nantinya jaringan 5G sudah dihadirkan maka kemampuan Drone akan semakin lengkap dan canggih. Pihak Qualcomm dan AT&T saat ini memang sudah melakukan uji coba drone yang terkoneksi dengan konektivitas 4G LTE.

Pengujian ini dilakukan untuk melihat seberapa jauh jangkauan Drone dan seberapa kuat sinyal yang ditangkap oleh Drone itu. Drone yang diuji coba ini menggunakan platform Qualcomm Snapdragon Flight. Dimana Platform tersebut mampu melakukan pengolahan, navigasi visual serta lokalisasi. Dalam Snapdragon Flight ini juga terdapat sebuah board yang mempunyai ukuran seperti kartu kredit. Pihak Qualcomm juga menanamkan chip Snapdragon 801 pada Drone yang di uji coba.

LEAVE A REPLY