Qualcomm Resmi Perkenalkan Wireless Chip 5G, Snapdragon X50

Advertisement

Teknousid.com – Perusahaan Qualcomm telah mengumumkan bahwa pihaknya telah menciptakan salah satu perangkat yang dapat mencapai kecepatan internet hingga 1Gbps. Perangkat tersebut memang ditujukan untuk para konsumen biasa, dimana perangkat yang satu ini juga merupakan hasil dari kerjasama dari beberapa produsen kenamaan seperti, Netgear, Ericsson yang telah dipadukan dengan teknologi yang berasal dari operator seluler Australia, yakni Telstra.

Qualcomm Snapdragon X50 5G Modem

Qualcomm Snapdragon X50 5G Modem

Pada Senin (17/10/2016) kemarin, Qualcomm secara resmi telah merilis perangkat wireless chip 5G lewat modem Snapdragon X50. Dengan hal ini, perangkat besutan Qualcomm tersebut menjadi modem dengan dukungan jaringan 5G pertama di Dunia. Kehadiran Snapdragon X50 ini diharapkan akan mampu mendongkrak penetrasi jaringan 5G untuk masa yang akan datang. Pasalnya, Snapdragon X50 ini mampu menghasilkan kecepatan 100 kali lebih cepat dari teknologi wireless yang ada untuk saat ini, dan juga 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan koneksi Google Fiber.

Seperti yang telah dilansir dari laman Engadget, Rabu (19/10/2016), sebenarnya chip 5G ini dirancang untuk ponsel dan juga perangkat pintar lainnya. Akan tetapi, snapdragon X50 ini kabarnya akan sambangi perangkat mobile pada pertengahan 2018n mendatang. Walaupun demikian, pihak Qualcomm beranggapan bahwa X50 ini tetap memiliki keterbatasan, dimana hanya dapat terkoneksi jaringan 5G saja, jika ingin menghubungkan dengan jaringan 3G atau 4G, kalian harus memerlukan bantuan dari qireless chip tambahan.

Advertisement
Qualcomm

Qualcomm

“Tantangannya (5G) akan jauh lebih berbeda dari teknologi yang sebelumnya,” seperti yang diungkapkan oleg Sherif Hanna selaku Qualcomm Staf Manager Of Technical Marketing. Teknologi 5G ini pastinya sangat berbeda dengan 4G dan juga 3G, teknologi 5G ini menggunakan spektrum yang memiliki frekuensi tinggi dengan memakai gelombang milimeter yang membuatnya mampu mengirimkan data dalam jumlah yang cukup besar dan mampu mentransfer sinyal tanpa adanya penundaan.

Sayangnya, untuk pengiriman sinyal 5g ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup pendek dan juga sulit untuk masuk, sehingga perancangan jaringan 5G ini dapat dikatakan agak rumit.

“untuk perangkat saat ini, modem kami mendukung semua teknologi, tak terkecuali 2G,3G dan juga 4G. Akan tetapi saai ini goal besar kami adalah prosesor 5G.”

Advertisement