Perangkat PCI Express 4.0 Muncul Di Intel Developer Forum

Teknousid.com – Pada event Intel Developer Forum yang di gelar San Francisco Perangkat terbaru yang menggunakan PCI Express 4.0 muncul dan menjadi sorotan utama. Perangkat yang dimaksud adalah ConnectX-5 100Gb/s adapter bernama Mellanox. Tentunya kemunculan PCI Express 4.0 menjanjikan masa depan yang cerah karena kinerja maupun spesifikasi nya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulu nya PCI Express 3.0. Event PCI-SIG memproyeksikan peluncuran penuh PCI Express 4.0 akan terjadi pada tengah tahun 2017.

Jika menilik sejarah, PCI Express 1.0 pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 dimana memiliki kemampuan 2,5 gigatransfer per detik pada seluruh bus motherboard. Kemampuan 2,5 gigatransfer per detik ditingkatkan pada PCI Express 2.0 dimana mulai diperkenalkan pada tahun 2006. Adapun PCI Express 3.0 memiliki kemampuan 8 gigatransfer per detik yang diperkenalkan pada tahun 2010. Tak terasa sudah enam tahun lalu banyak sudah hardware yang menggunakan versi 3.0. Kedepan nya PCI Express 4.0 akan memiliki kemampuan 16 gigatransfer per detik, dua kali lipat kecepatan nya jika dibandingkan versi sebelumnya.

PCI Express 4.0

PCI Express 4.0

Nampaknya SLI Bridge akan ditinggalkan karena beberapa vendor seperti Nvidia yang mulai mengutamakan beberapa kartu grafis bekerja dalam satu buah sistem. Dengan versi PCI Express terbaru anda dapat memindahkan data secara cepat karena mengusung 2 kali bandwidth jika dibandingkan dengan versi lama. Pada dasarnya developer mengurangi jumlah jalur fisik pada PCI Express 4.0 sehingga hanya memakai 8 jalur saja, berbeda dengan versi 3.0 yang membutuhkan 16 jalur.

Pada bulan Juni lalu tersiar kabar sebuah chip yang menggunakan PCI Express 4.0 sedang dalam masa produksi. Cadence, PLDA dan Synopsys bahkan memamerkan sisi spesifikasi selama event PCI-SIG digelar. Synopsys adalah developer kartu Mellanox seperti yang disebutkan diatas. Sayangnya generasi pertama AMD “Summit Ridge” kemungkinan besar tidak akan mendukung PCI Express 4.0 dan tak akan menyertai peluncuran pertama processor Intel generasi ketujuh “Kaby Lake”.

Presiden dan Chairman PCI-SIG, Al Yanes mengatakan bahwa perangkat mobile memang sedang menjadi trend dan sangat cocok untuk peningkatan skalabilitas PCI Express 4.0. Kabarnya PCI Express 4.0 mampu bekerja lebih baik dengan konsumsi daya rendah. Kinerja maksimal juga diwujudkan jika di sanding kan dengan media penyimpanan seperti Flash, NVMe.